Manusia Makhluk Sosial

D

alam kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia tentunya membutuhkan orang lain. Karena pada hakikatnya kita adalah makhluk sosial yang selalu bergantung pada bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dari itulah sebagai timbal baliknya kita dalam bergaul harus selalu mengedepankan sikap saling hormat-menghormati, saling menghargai antara satu dengan lainnya, seperti kata pepatah “ringan sama dijinjing, berat sama dipikul”.

Namun, terkadang sering kita temukan dalam masyarakat ada sebagian masyarakat yang bersikap individualisme tanpa melihat sekitarnya, yang hanya memikirkan diri sendiri tanpa peduli orang lain. Misalnya saja membangun pagar yang mengelilingi seluruh rumah dan halamannya, sehingga secara tidak langsung orang tidak bisa lewat di halaman rumahnya. Padahal dibalik itu semua kehormanisan dan kerukunan dengan tetangga haruslah dijaga, karena bagaimana pun tetangga adalah saudara terdekat kita, dikala kita kesusahan tentunya kita membutuhkan bantuan orang lain, sampai dengan mati pun kita masih membutuhkan orang lain yaitu untuk memandikan, mengafani hingga ke pemakaman. Dari itulah kita harus sadari dan tanamkan dalam diri kita masing-masing bahwa kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

NOBI NOBITA

PEMBELAJARAN DARING