NOBI NOBITA

Bodoh dan tidak bisa apa-apa, begitulah Nobita dalam cerita Doraemon karya Fujiko F. Fujio. Lalu, apakah orang yang bodoh dan tidak bisa apa-apa benar-benar tidak berguna sama sekali??
Tetaplah yakin bahwa Tuhan maha Adil dan Bijaksana, buktinya Dia mengutus Doraemon –robot kucing dari masa depan- dihadirkan untuk Nobita. Apakah kita lupa?? Tuhan juga telah mengirimkan utusanNya kepada kita. Telah memberikan pertolongan dan bantuanNya kepada kita. Teman, telinga, mata, hati, akal dan indera lainnya.
Apa yang harus kita andalkan jika kita bodoh?? Apa yang kita banggakan jika kita tidak bisa apa-apa?? Tidak ada memang. Tapi lihatlah Nobita, walaupun kita bukan sejenis dia. Setiap pagi, penulis selalu melihat Nobita membantu makhluk lain. Menyelamatkan orang-orang planet lain dari kehancuran, menyelamatkan dunia tumbuhan, menyelamatkan dunia binatang, menyelamatkan dunia sihir, menyelamatkan masa lalu dan lain sebagainya. Dia membantu menyelamatkannya tanpa minta imbalan. Keteraturan yang lestari dan persahabatan yang ia harapkan. Lalu, apakah kita sudah bersahabat dengan baik??
Sebodoh-bodohnya kita, apa kita benar-benar tidak bisa membuang sampah ke tempatnya?? Apa kita tidak bisa menempatkan alat makan ke tempat selayaknya?? Apa kita tidak bisa menata tempat tidur?? Apa kita tidak bisa berteman baik dengan kawan?? Apa kita tidak bisa menghormati guru?? Apa kita tidak bisa mentaati peraturan?? Apa kita tidak mau mengikuti pelajaran dan belajar?? Apa kita sudah kehilangan akal dan indera kita??? Lalu, apa kira kita bisa mendapatkan surga seperti celoteh kita???
Sekali lagi, lihatlah Nobita. Dia masih bisa berguna untuk dunia dengan kebodohannya. Setidaknya, memiliki rasa etika dan beradab lebih baik dari pada memiliki kepandaian. Apa kau kira Nabi diutus untuk menyempurnakan kepandaian?? Nabi diutus untuk menyempurnakan akhlak kan....?
Merasa bodoh itu boleh dan perlu, tapi merasa tidak berguna harus dihindari agar kita tidak terjerumus dalam keputus-asaan. Jelaskan bahwa Allah melarang kita untuk tidak berputus asa?? Semoga kita baik-baik saja, dan menjadi manusia yang berguna bagi kehidupan ini agar lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN DARING